Universitas Negeri Surabaya (UNESA) ini
adalah satu dari perguruan tinggi negeri
yang dimiliki Indonesia yang berada di kota pahlawan,
Surabaya. Didirikan untuk mengganti IKIP Surabaya. Perguruan tinggi ini menjadi
salah satu pilihan bagi pelajar yang ingin melanjutkan studi di surabaya. Dalam
perkembangannya UNESA menduduki peringkat ke 4.069 versi 4icu, dan peringkat ke
4236 menurut versi Wbometrics se-dunia .
Berawal dari nama IKIP
Surabaya, institusi ini awalnya hanya menyelenggarakan kursus-kursus untuk
memenuhi tingkat kebutuhan tenaga pengajar di Indonesia di tingkat SMP dan SMA
yang bernama kursus B-1 dan B-2. Kursus tanpa gelar ini meliputi
berbagai bidang seperti bahasa
Inggris,bahasa jerman,teknik,ekonomi dan perniagaan yang berlangsung dari tahun
1950 sampai tahun 1960 dengan meminjam ruangan kelas serta laboratorium milik
belanda pada saat itu, yakni Hoogere Burger School atau HBS. Pada tahun 1960
kursus-kursus tersebut dimasukkan ke dalam Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan (FKIP) Universitas Airlangga dan berada di dua cabang universitas,
yakni Malang dan Surabaya FKIP kemudian berganti nama menjadi IKIP yang berdiri
sendiri pada tanggal 19 Desember 1964. Di tahun ini universitas Negeri Surabaya
memiliki enam Fakultas yaitu FIP (Fakultas Ilmu Pendidikan) FBS (Fakultas
Bahasa dan Seni) FIK (Fakultas Ilmu Keolahragaan) FMIPA (Fakultas Matematika
dan Ilmu Pengetahuan Alam) FIS (Fakultas Ilmu Sosial) dan FT (Fakultas Teknik).
Unesa memiliki dua kampus utama yakni terletak di Jl. Ketintang dan yang ke
dua Jl. Lidah Wetan, Surabaya. Sebagai
salah satu perguruan tinggi pilihan Unesa memiliki Fakultas dan 63 progam studi
yang memiliki jenjang D3,S1,S2 sampai jenjang dektoral (S3).
Dan saya akan membahas fakultas saya
yaitu Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP). Fakultas ini adalah fakultas tertua yang
berada di unesa kampus Jl. Lidah Wetan.Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) sebagai salah satu
fakultas dari enam fakultas yang dimiliki IKIP Surabaya yang sekarang menjadi
Universitas Negeri Surabaya tetap konsisten baik dalam hal nama (FIP) maupun
program yang dikelola yaitu Program Kependidikan.
Dengan berpedoman pada Higher Education Long Term Strategics (HELTS) 2003- 2010, saat ini Unesa sedang dalam tahap finalisasi proses revisi Rensta, yang nantinya dinarnakan Renstra Unesa 2005-2015. Revisi ini dipandang perlu untuk mengakomodasi tuntutan peningkatan kualitas pengembangan daya saing bangsa, dan pengembangan Unesa yang sesuai dengan kebijakan pada HELTS 2003-2010 dan tuntutan stakeholders. Fakultas Ilmu Pendidikan memiliki 8 progam bidang studi yakni S1 Kurikulum dan Teknologi Pendidikan,S1 Manajemen Pendidikan,S1 psikologi,S1 PGSD,S1 Pendidikan Anak Usia Dini,S1 Pendidikan Luar Biasa,S1 Pendidikan Non Formal,S1 Bimbingan Konseling.FIP Unesa memiliki Visi dan Misi yakni
Dengan berpedoman pada Higher Education Long Term Strategics (HELTS) 2003- 2010, saat ini Unesa sedang dalam tahap finalisasi proses revisi Rensta, yang nantinya dinarnakan Renstra Unesa 2005-2015. Revisi ini dipandang perlu untuk mengakomodasi tuntutan peningkatan kualitas pengembangan daya saing bangsa, dan pengembangan Unesa yang sesuai dengan kebijakan pada HELTS 2003-2010 dan tuntutan stakeholders. Fakultas Ilmu Pendidikan memiliki 8 progam bidang studi yakni S1 Kurikulum dan Teknologi Pendidikan,S1 Manajemen Pendidikan,S1 psikologi,S1 PGSD,S1 Pendidikan Anak Usia Dini,S1 Pendidikan Luar Biasa,S1 Pendidikan Non Formal,S1 Bimbingan Konseling.FIP Unesa memiliki Visi dan Misi yakni
Visi:
Pengembang ilmu pendidikan, penghasil insan cerdas dan kompetitif.
Pengembang ilmu pendidikan, penghasil insan cerdas dan kompetitif.
Misi:
1.
Menyelenggarakan program
pendidikan guru yang professional, beraklaq mulia dan peka terhadap kearifan
budaya lokal.
2.
Menyelenggarakan program
pendidikan ahli kependidikan yang handal, berwawasan global, peka terhadap
tuntutan perubahan dunia pendidikan, dan berjiwa interpreuner.
3.
Mengembangkan dan
menyelenggarakan program pendidikan profesi kependidikan yang profesional dan
berjiwa interpreuner.
4.
Menyelenggarakan program
penelitian kependidikan yang mendasar, kontekstual dan komprehensif
5.
Menyelenggarakan program
pengabdian kepada masyarakat di bidang kependidikan berbasis kearifan budaya
lokal
Tujuan:
Tujuan program kependidikan adalah menghasilkan lulusan yang memiliki:
Tujuan program kependidikan adalah menghasilkan lulusan yang memiliki:
1.
Melaksanakan kajian
pengembangan Ilmu Pendidikan dan terapan hasil pengembangan ilmu pendidikan.
2.
Menghasilkan lulusan yang
mempunyai sikap, nilai, perilaku, tanggung jawab, dan kepribadian yang mantap
untuk menunjang pelaksanaan tugas sebagai pendidik dan tenaga kependidikan
3.
Menghasilkan tenaga
kependidikan guru dan non guru yang mempunyai wawasan, pengetahuan teori, dan
keterampilan yang profesional dalam melaksnakan tugas di lembaga sekolah dan
non persekolahan.
4.
Menghasilkan tenaga
pendidik dan kependidikan di bidang bimbingan dan konseling, pendidikan luar
sekolah, teknologi pendidikan, pendidikan di sekolah dasar, pendidikan anak
usia dini, manajemen pendidikan, pendidikan luar biasa, dan psikologi.
5.
Melaksanakan pengabdian
kepada masyarakat di bidang pendidikan.
Fasilitas kampus FIP Unesa
FIP Unesa dengan luas lahan sekitar 6 hektar
terletak di Kampus Lidah Wetan yang mempunyai lahan seluas 85 hektar. FIP
mempunyai empat gedung dengan masing-masing gedung berlantai tiga, yaitu:
Gedung A, dilantai pertamanya digunakan sebagai ruang kuliah, laboratorium dan
kantor Jurusan PPB. Lantai dua digunakan sebagai ruang kuliah, laboratorium,
dan lantai tiga digunakan sebagai ruang kuliah.
Gedung B, di lantai pertamanya digunakan sebagai ruang kuliah, perpustakaan dan kantor Jurusan KTP, perpustakaan dan kantin. Lantai dua digunakan sebagai ruang kuliah, laboratorium, sedangkan lantai tigadigunakan sebagai ruang kuliah. Dan Aula Gedung C, di lantai pertamanya digunakan sebagai ruang tata usaha.
Gedung B, di lantai pertamanya digunakan sebagai ruang kuliah, perpustakaan dan kantor Jurusan KTP, perpustakaan dan kantin. Lantai dua digunakan sebagai ruang kuliah, laboratorium, sedangkan lantai tigadigunakan sebagai ruang kuliah. Dan Aula Gedung C, di lantai pertamanya digunakan sebagai ruang tata usaha.
Lantai dua digunakan sebagai ruang Pimpinan
Fakultas, ruang sidang, ruang Guru Besar dan kantor Jurusan PLS, sedangkan
lantai tiga digunakan sebagai ruang kuliah dan auditorium berkapasitas 250
orang.
Gedung 0, di lantai pertamanya digunakan
sebagai ruang kuliah, ruang komputer dan kantin. Lantai dua digunakan sebagai
ruang kuliah, laroratorium pembelajaran, laboratorium terpadu dan, kantor
Program PGSD, sedang lantai tiga digunakan sebagai ruang kuliah dan
laboratorium IPA.
laboratorium IPA.
Rata-rata ruang kuliah berkapasitas 40
mahasiswa. Dan ada beberapa ruang kuliah yang berkapasitas lebih dari 40
mahasiswa. Jumlah ruang kuliah relatif mampu menampung aktivitas perkuliahan
mahasiswa FIP selam ini. Rata-rata ruang tersebut digunakan untuk perkuliahan
mahasiswa dari pukul 07.00 sampai pukul 16.00. Di atas pukul 12.00 frekuensi
penggunaan ruang kuliah sekitar 60 % dan tidak sepadat periode sebelum pukul
12.00.
Di setiap jurusan dan
program studi yang ada di FIP Unesa, masing-masing dosen mempunyai meja kerja.
Setiap ruang rata-rata 6 m2yang ditempati
secara variatif, yakni ada yang satu untuk satu dosen, dua dosen ataupun tiga
dosen bergantung kepada kemampuan dan pengaturan di masing masing jurusan.
Untuk saat ini kapasitas demikian dipandang cukup memadai, meskipun belum ideal
bagi setiap dosen untuk melakukan aktivitas individual di luar kegiatan
mengajar. Di beberapa jurusan ada ruang umum ataupun ruang diskusi yang dapat
digunakan untuk menunjang kegiatan dosen dalam berinteraksi dan berkomunikasi
dengan para mahasiswa di luar waktu perkuliahan.
Di antara
gedung-gedung dan ruang kuliah jurusan ini, FIP mempunyai taman dengan luas
lahan sekitar 1.000 m2. Di samping itu FIP juga akan
membangun lokalisasi kantin yang direncanakan berada disebelah barat gedung C,
hal ini perlu segera direalisasi karena dapat memberi solusi tempat bagi
beberapa kantin yang selama ini berada di dekat ruang perkuliahan yang
dirasakan mengganggu aktivitas belajar mengajar.
Ditulis oleh Risma Eka P. Y. (14010024024)
0 komentar:
Posting Komentar